Jasa Pengurusan SNI (Standar Nasional Indonesia) di Lindu Sigi

Jasa Pengurusan SNI (Standar Nasional Indonesia) di Lindu Sigi – Mengurus SNI ialah salah satu hal yang harus dikerjakan setiap pengusaha yang mau mempromosikan produk di Indonesia. Meskipun demikian, cara mengurusnya bukan hal yang gampang. Ada cukup banyak hal-hal yang mesti dilaksanakan saat sebelum mendaftar, termasuk mencari informasi terkait cara mengurusnya. Untungnya, sekarang ini ada jasa SNI yang dapat anda hubungi secara online. Mau tahu info selengkapnya? Baca penjelasan lengkap dan mendalam kami terkait SNI terlebih dulu berikut ini.

Jasa Pengurusan SNI (Standar Nasional Indonesia) di Lindu Sigi

Apa Sebenarnya SNI Itu?

Standar Nasional Indonesia (SNI) yaitu standar dari Badan Standarisasi Nasional (BSN) yang harus dipunyai setiap produk yang di pasarkan di Indonesia. SNI ini cuma dapat di rumuskan, di tetapkan, dan di keluarkan oleh badan nasional yang di percaya menanganinya, yaitu BSN.

SNI di Indonesia dibikin dengan mengacu pada kode etik praktik usaha internasional yang di rumuskan World Trade Organization (WTO). Keberadaan kode etik ini dibikin dengan keinginan para pengusaha di seluruh dunia bisa membuat produk-produk yang tidak berbahaya untuk customer. Lebih lengkap berkenaan point-point dalam kode itu ialah sebagai berikut:

Keterbukaan (Openness)

BSN terbuka untuk setiap customer, pengusaha, dan pihak-pihak stakeholder lainnya tentang info perihal SNI. Maksudnya, semua info yang di berikan BSN berkenaan SNI ialah transparan dan terbuka pengembangannya untuk pihak-pihak yang berkepentingan. Maka bila ada masukan baru untuk pengembangan SNI, maka BSN akan dengan senang hati menerimanya.

Transparansi (Transparency)

BSN tidak membeda-bedakan satu stakeholder dengan yang lainnya, semua di berikan info yang saling jelas dan tidak di tutup-tutupi. Semua stakeholder yang memiliki kepentingan berhak menerima info menyeluruh berkaitan pengembangan SNI dari awal pemograman sampai penetapan. BSN tidak memilih mana stakeholder yang patut menerima info dan mana yang tidak, semuanya di samaratakan.

Konsensus dan Tidak Memihak (Consensus and Impartiality)

BSN memperlakukan semua stakeholdernya dengan adil dan tidak memihak. Maka setiap stakeholder memiliki peluang yang sama buat mengungkapkan kepentingan dan mendapat fasilitas SNI dari BSN. Contohnya bila ada 10 perusahaan bersaing di industri yang sama. BSN akan memperlakukan semua perusahaan itu dengan sama dan mengurus SNI nya dengan proses yang sama pula.

Efektivitas dan Relevansi (Effectiveness and Relevance)

BSN senantiasa mengupayakan proses pengurusan SNI yang efektif dan cuma menjalani proses-proses yang relevan dengan pengurusan SNI. Hal ini dijalankan biar BSN dapat menjadi fasilitator perdagangan dengan memperhatikan keperluan pasar. Disamping itu juga sebagai upaya buat mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Koherensi (Coherence)

BSN terus bersikap kooperatif dan menyelaraskan diri dengan perkembangan perdagangan dunia agar pasar Indonesia tidak tertinggal zaman. Maka, keberadaan SNI di inginkan tidak mengganggu upaya Indonesia dalam mengembangkan diri di pasar global. Bahkan keberadaan SNI mestinya dapat memperlancar Indonesia dalam perdagangan internasional.

Dimensi Pembangunan (Development Dimension)

BSN selalu berupaya SNI di tetapkan dengan memperhatikan keperluan publik, agar keberadaan SNI tidak malah menghambat munculnya produk yang diperlukan warga. Disamping itu, keberadaan SNI pun diinginkan bisa meningkatkan daya saing perekonomian nasional. Lantaran SNI menjadi bukti bahwa produk-produk di Indonesia sudah distandarisasi sebelum di pasarkan.

Pentingnya Produk Punya SNI Sebelum Di Pasarkan

Bila tanpa standard saja sebuah produk bisa laku dan aman digunakan kenapa mesti ada SNI? Ini ialah pertanyaan yang sering diutarakan pengusaha, terutama pengusaha luar negeri yang mau mempromosikan di Indonesia. Sebetulnya, ada banyak sekali fungsi SNI, bukan hanya untuk customer akan tetapi juga untuk kepentingan pengusaha itu sendiri. Selengkapnya berkaitan pentingnya SNI di sebutkan sebagai berikut.

1. Memastikan Produk Cocok Untuk Customer Indonesia

Tiap-tiap negara memiliki standard sendiri perihal produk-produk yang boleh dan tidak boleh di pasarkan di negaranya. Contohnya di Indonesia, tingkat kecelakaan lalu lintas yang tinggi membuat helm motor di desain dengan keamanan tinggi. Hal ini mungkin tidak di terapkan di negara-negara yang tingkat kecelakaan lain atau pengendara motornya rendah.

Bila suatu produk menerima sertifikat SNI dari BSN, produk itu automatis cocok dengan keperluan customer Indonesia. Maka pengusaha dapat mendapatkan kepastian bahwa Indonesia adalah pasar yang tepat buat produknya.

2. Memberikan Tanda Bahwa Produk Sudah Terstandar

Khusus di Indonesia, banyak produk yang lepas dari pengawasan BSN. Alhasil, pada saat ini masih banyak produk yang di jual bebas tanpa mempunyai SNI. Walau sebenarnya produk SNI notabene lebih aman dan nyaman dipakai ketimbang produk-produk tanpa SNI.

Bila anda mendaftarkan produk melalui jasa SNI, produk anda automatis akan memenuhi standard yang sudah di tetapkan di Indonesia. Maka customer akan lebih merasa aman dan menyimpan keyakinan pada produk anda, ketimbang produk lain non SNI.

3. Sebagai Bukti Izin Pemasaran di Indonesia

SNI adalah bukti awal bahwa suatu produk mendapatkan izin untuk di pasarkan di Indonesia. Contohnya seorang pengusaha China mau mempromosikan produknya di Indonesia. Maka pengusaha itu harus mendaftarkan produknya ke BSN terlebih dulu. Bila produk itu di pasarkan ke Indonesia tanpa mengantongi SNI terlebih dahulu, maka produk itu akan dibilang ilegal. Bukan hanya di tarik dari pasaran, sang pengusaha pun akan tersandung kasus lantaran memasarkan barang ilegal.

4. Menghindari Gugatan Pidana Bila Ada Masalah yang Ditimbulkan Produk

Walaupun dibikin dengan hati-hati dan mempertimbangkan keamanan customer, produk masih memiliki resiko error dan membahayakan. Contohnya masalah produk korek tanpa logo SNI yang tiba-tiba meledak dan makan korban jiwa. Walaupun korek itu dibikin dengan bahan dan cara yang sama seperti korek SNI umumnya, pengusahanya jelas di tuduh jadi tersangka.

Namun hal seperti ini tidak akan terjadi bila produk mempunyai SNI. Apabila suatu hari terjadi hal-hal yang tidak diharapkan, maka pengusaha pembuat produk bisa lepas tanggung jawab disebabkan produk nya telah terstandarisasi.

5. Meningkatkan Minat Customer Untuk Membeli Produk

Makin hari, warga Indonesia makin pintar dalam menentukan produk. Disamping itu, pemerintah pun senantiasa menggencarkan kampanye pemakaian produk yang ada tanda SNI nya. Bahkan pemerintah akan memberikan hukuman bila ada customer yang tidak memakai produk ber SNI. Contohnya saja helm, bila seseorang di ketahui polisi tidak mengenakan helm ber-SNI, maka dia akan di tilang.

Kewajiban itu yang menjadikan minat customer membeli produk SNI makin tinggi. Dibanding dengan produk non SNI, jelas produk SNI akan lebih di minati.

Masalah-Masalah yang Membayangi Produk Tanpa SNI

Ada begitu banyak masalah yang menghantui produk tanpa SNI yang beredar di Indonesia. Masalah ini dapat datang kapan saja, entahlah itu saat razia dari Kementerian atau terjadi kecelakaan lantaran produk non SNI. Yakinkan produk anda sudah punya logo SNI sebelum masalah-masalah berikut terjadi kepada anda.

1. Produk Kehilangan Pasar Untuk Selamanya

Bila suatu produk telah di razia oleh Kementerian, maka Kementerian akan merilis nama produk itu sebagai produk terlarang di Indonesia. Hal ini automatis akan membuat brand produk hancur, walau sebenarnya selama ini warga Indonesia begitu menyukainya. Apabila mau menjual produk yang sama, pengusaha mesti membangun brand produk dari awal. Walau sebenarnya sesudah tersandung kasus SNI, belum pasti produk itu akan di minati warga.

2. Terjadinya Boikot Untuk Perusahaan Produsen

Boikot seperti ini terutama terjadi pada perusahaan luar negeri dan banyak importir nya. Apabila seorang pengusaha atau importir di ketahui menjual produk yang tidak mempunyai SNI, maka dia berpotensi akan di boikot. Bila telah diboikot, maka perusahaan dan importir itu tidak akan diijinkan lagi untuk mempromosikan produk di Indonesia. Meskipun produk mereka di daftarkan buat SNI, BSN bisa saja menolaknya disebabkan riwayat pelanggaran SNI yang pernah di lakukan dulu.

3. Usaha Di Tutup Sepihak Oleh Pemerintah

Bila sebuah perusahaan di ketahui membuat produk non SNI yang membahayakan buat warga, maka perusahaan itu akan di tutup pemerintah saat itu juga. Izin usahanya akan di cabut, dan bisa-bisa sang pengusaha di-blacklist maka tidak dapat mendaftarkan usaha apa pun lagi di Indonesia. Mengurus pendaftaran SNI sebenarnya sedikit menyusahkan, tetapi itu tidak ada apa-apanya ketimbang dengan di cabutnya hak usaha, kan?

4. Tuntutan Ganti Rugi Karena Di Anggap Membahayakan

Suatu perusahaan yang produknya di ketahui membahayakan bisa di kenai denda yang sangatlah besar. Ditambah lagi bila produk itu sudah menimbulkan warga Indonesia celaka. Berdasarkan pasal 113 UU No. 7 berkenaan Perdagangan, pengusaha yang produk nya tidak mempunyai SNI bisa di denda sampai lima miliar rupiah. Angka ini begitu fantastis dan bisa menyebabkan perusahaan gulung tikar apabila membayarnya.

5. Ancaman Penjara Bagi Distributor, Produsen, dan Penjual

Tidak hanya ancaman ganti rugi, hukuman penjara pun menunggu distributor, produsen, dan penjual produk tanpa label SNI. Telah ada banyak kasus produk non SNI yang membuat orang-orang terlibat di dalam nya di penjara. Apabila telah begini bukan hanya perusahaan yang rusak nama baiknya, namun karier dan masa depan keluarga pun akan hancur.

Daftar Produk Usaha Yang Mesti Ada SNI Nya

Berdasarkan info terbaru dari situs BSN, sekarang ini ada setidaknya 198 produk yang harus punya SNI. Daftar lengkapnya bisa di akses langsung melalui situs Sistem Info BSN di http://sispk.bsn.go.id/RegulasiTeknis/SniWajib. Akan tetapi secara garis besar, jenis-jenis produk itu dapat di cek sebagai berikut.

1. Bahan-Bahan Bangunan

Hampir separuh lebih daftar SNI wajib di isi oleh bahan-bahan bangunan. Wajar, 95% bahan-bahan bangunan, apapun jenisnya, harus mempunyai logo SNI di labelnya. Hal ini karena bahan-bahan bangunan yang digunakan akan mempengaruhi keamanan dari suatu bangunan. Apabila bahan-bahan bangunan tidak distandarisasi terlebih dulu oleh BSN, maka risikonya ialah korban jiwa.

2. Mainan Anak-Anak

Produk pertama dan utama yang mesti mempunyai standard SNI yaitu mainan anak-anak. Mainan ini tidak di batasi dengan umur anak-anak target pemasaran mainan tersebut. Pun tak terbatas pada mainan-mainan kecil saja, namun juga mainan besar seperti ayunan dan semacamnya. Pokoknya, semua jenis mainan yang di produksi atau akan di pasarkan di Indonesia mesti terlebih dahulu di daftarkan ke BSN.

3. Peralatan Listrik Rumah Tangga

Semua jenis peralatan elektronik yang dipakai di rumah mesti punya logo SNI. Meskipun customer Indonesia masih jarang memperhatikan, namun pemerintah sangatlah aktif memburu peralatan listrik yang tidak berlogo SNI. Peralatan listrik yang di maksud di sini contohnya radio, TV, magic jar, kulkas, kipas angin, dan lain sebagainya.

4. Peralatan Dapur

Peralatan dapur masuk dalam daftar ke 4 produk wajib SNI dalam daftar ini. Yang di maksud peralatan dapur di sini tak terbatas pada kompor dan gas saja. Namun juga produk-produk kecil seperti mixer, pisau, blender, dan peralatan yang terbuat dari melamin.

5. Pupuk

Siapa sangka, bahwa pupuk pun mesti distandarisasi dahulu oleh BSN saat sebelum di pasarkan? Ya, berdasarkan peraturan pemerintah, pupuk yang akan di pasarkan di Indonesia mesti terlebih dahulu di urus SNI nya. Hal ini dikerjakan buat memastikan pupuk tidak merusak tanah dan membuat tanaman mengandung bahan berbahaya buat customer. Beberapa pupuk yang wajib SNI sekarang ini antara lain pupuk fosfat, SP-36, ammonium sulfat, kalium klorida dan tripel sulfat.

6. Onderdil dan Segala Kebutuhan Kendaraan

Tidak hanya bahan bangunan yang hampir semuanya mesti terstandarisasi, semua komponen kendaraan pun mesti di pastikan standarnya. Semua onderdil, perlengkapan, bahan bakar, dan pelumas kendaraan harus mempunyai label SNI. Kini, banyak produsen onderdil dan oli kendaraan yang masih tidak mendaftarkan produknya ke BSN. Namun pemerintah telah memberikan ultimatum, apabila tidak segera di urus maka produsen-produsen itu akan di kenai sangsi pidana.

7. Rancang Bangunan

Standarisasi SNI tidak hanya terbatas pada bahan-bahan siap pakai saja, tetapi juga panduan seperti tata rancang bangunan. Karena Indonesia punya struktur tanah yang berbeda, maka standarnya pun berbeda dengan negara-negara lainnya. Oleh karena itu saat sebelum seorang konstruktor memakai tata rancang bangunan, tata rancang itu mesti terbukti berlabel SNI.

8. Bahan Konsumsi Tambahan

Bahan konsumsi sekunder seperti air mineral, garam, kopi, gula, dan segala jenis tepung juga mesti punya label SNI dari BSN. Tidak hanya bahan-bahan alami seperti yang sudah di sebutkan, produk-produk penambah cita rasa non-alami pun mesti distandarisasi. Sebagian produk non-alami itu seperti pemanis buatan, bahan pengembang kue, pengawet makanan dan pewarna buatan.

Jasa Pengurusan SNI (Standar Nasional Indonesia) di Lindu Sigi

Hal-Hal yang Mesti Disiapkan Sebelum Mendaftarkan SNI

Sebelum mengulas lebih jauh berkenaan SNI dan cara pendaftarannya, satu hal yang mesti di ketahui ialah: mengurus SNI cukup susah. Apabila seorang pengusaha masih awam dalam mengurus SNI, baiknya pengusaha itu memakai jasa SNI. Salah satu contoh jasa SNI yang berada di Indonesia ialah www.tuantender.id. Sebagai info, berikut ini sebagian hal yang mesti disediakan sebelum mendaftarkan SNI.

Sertifikat Sistem Manajemen Kualitas

Hal pertama dan utama yang mesti dipunyai pengusaha saat sebelum mengurus SNI ialah sertifikat sistem manajemen kualitas. Apabila tidak punya sertifikat ini, maka automatis SNI tidak dapat di urus. Maka bila anda belum punya sertifikat sistem manajemen kualitas, baiknya urus ini dahulu saat sebelum mendaftarkan produk ke BSN.

Sertifikat Sistem Manajemen Kualitas yang di terima Indonesia sekarang ini mesti memakai standard ISO 9001:2000. Buat pengusaha Indonesia, sertifikat ini dapat di urus di Lembaga Sertifikasi Sistem Kualitas (LLSM) terakreditasi.

Sertifikat dari LSSM Negara Asal

Syarat ini di khususkan bagi pengusaha asal luar negeri yang mau mendaftarkan produk nya ke SNI. Sama juga dengan syarat buat pengusaha Indonesia, pengusaha luar negeri harus punya sertifikat manajemen kualitas dari LSSM asalnya. Contohnya seorang pengusaha China mau mendaftarkan produk nya biar punya SNI. Maka dia mesti terlebih dahulu mengurus sertifikat sistem manajemen kualitas dari negara asalnya di China.

Kemampuan Pengusaha dalam Berbahasa Indonesia

Hal ini mungkin terkesan tidak penting, akan namun pengusaha yang mau mendaftarkan SNI mestinya trampil berbahasa Indonesia. Hal ini karena bahasa Indonesia diperlukan buat menyusun kemasan produk dan informasi-informasi didalamnya. Akan tetapi tidak apa-apa bila perusahaan mempunyai perwakilan dari Indonesia yang dapat berbahasa Indonesia. Pengusaha yang tidak dapat berbahasa Indonesia pun dibolehkan mewakilkan pengurusan SNI ke jasa SNI lokal seperti TuanTender.id.

Biaya Pengurusan SNI

Berdasarkan susunan biaya dalam PP RI No. 63 tahun 2007, biaya yang mesti di keluarkan pengusaha menjangkau 10 hingga 40 juta. Jumlahnya tepat untuk setiap produk berbeda-beda, di pengaruhi lokasi audit, luas tempat yang perlu diaudit, dan seberapa kompleks produk yang di uji. Rincian biaya ini dapat di ketahui pengusaha sesudah menyerahkan sertifikat sistem manajemen kualitas dan mesti di bayar saat sebelum audit di mulai.

Kesiapan Lokasi Pengolahan Produk

Pada point sebelumnya, sudah di sebutkan bahwa BSN akan menjalani audit pada perusahaan yang mendaftarkan produk bikinannya. Audit ini pertama-tama akan di lakukan pada lokasi pengerjaan produk. Hal-hal yang akan diaudit oleh BSN mencakup mesin-mesin yang dipakai, rancangan keamanan tempat, dan kebersihan lingkungan produksi. Apabila suatu perusahaan di anggap belum bisa lolos audit, maka auditor akan memberi peluang untuk perusahaan buat memperbaiki tempat usahanya.

Sampel Produk Untuk Di uji

Bersamaan dengan audit lokasi, umumnya auditor dari BSN pun akan minta sampel produk untuk di uji oleh BSN. Selama proses pengujian produk ini, umumnya pengusaha mesti menunggu hingga pengumuman lolos uji nya ke luar. Umumnya pengumuman lolos audit ini akan ke luar dalam jangka waktu satu bulan dari proses audit dijalankan. Sesudah itu, sertifikat SNI yang di tetapkan dapat dipakai dalam jangka waktu 3 tahun ke depan. Sesudah 3 tahun, perusahaan mesti memperbarui sertifikatnya lagi.

Alur Pengurusan SNI Di Indonesia

Seperti yang di katakan di subbab sebelumnya, alur pengurusan SNI di Indonesia cukup kompleks. Bahkan untuk mengurus sertifikat sistem manajemen kualitasnya saja, perusahaan mesti menunggu berbulan-bulan. Maka dari itu, perusahaan yang mau mengurus SNI direkomendasikan meraih pendampingan dari jasa SNI seperti TuanTender.id. Apabila mau tahu lebih lengkap berkenaan jasa tender terbaik Indonesia ini, anda dapat berkunjung ke situs http://tuantender.id/ . anda pun dapat menghubungi langsung ke WA di 0812-8333-136.

Selengkapnya berkenaan alur pengurusan SNI di Indonesia dapat di cek dalam daftar berikut.

Cek Apakah Produk Yang Dibuat Mesti Punya SNI

Saat sebelum mengurus SNI, pastikan apakah produk anda termasuk produk yang wajib mempunyai SNI. Info satu ini dapat langsung di cek di situs sistem info BSN yang sudah di sebutkan sebelumnya. Bila jenis produk anda termasuk dalam daftar itu, maka segeralah sediakan sertifikat sistem manajemen kualitasnya.

Kirim Dokumen Permohonan SNI Pada BSN

Sesudah produk mempunyai sertifikat sistem manajemen kualitas, anda dapat mengirim kan sertifikat itu beserta dokumen lainnya ke BSN. Sebagian dokumen yang mesti di sertakan di antaranya yaitu foto copy akta notaris, NPWP pemilik, SIUP, TDP, dan surat pendaftaran merk Dirjen HAKI. Dokumen-dokumen ini tidak dapat d itawar ada-tidaknya, maka apabila perusahaan belum mempunyai salah satu di antaranya, mestinya urus dokumen itu dahulu.

Persiapkan Lokasi dan Sampel Produk yang Akan Diaudit

Pihak auditor BSN (LSPro) mesti mengecek lokasi perusahaan dan sampel produk terlebih dahulu saat sebelum memberikan sertifikat SNI. Maka begitu dokumen permohonan SNI di kirim, pengusaha harus “memantaskan” tempat usaha dan sampel produk biar nanti nya lolos audit. Pastikan tempat usaha dan produk yang dipunyai sudah sesuai dengan standard ISO yang berlaku sekarang ini. Walau produk sudah mempunyai sertifikat sistem manajemen kualitas, kroscek lagi apa kualitas yang di jaminkan sertifikat sesuai dengan realita perusahaan.

Tunggu Sampai BSN Menyampaikan Pengumuman Sesudah Audit

Sesudah audit, LSPro akan mengulas hasil auditnya dan menyampaikannya dalam rapat besar BSN. Proses pengolahan data menjadi laporan oleh LSPro umumnya memakan waktu satu bulan, maka pengusaha mesti sabar sampai pengumuman audit ke luar. Sesudah rapat antara LSPro dan BSN selesai, biasanya akan di umumkan apakah produk perusahaan bisa meraih label SNI ataukah tidak.

Lakukan Perbaikan Apabila BSN Menyatakan Produk Belum Lolos Audit

Bila produk berhasil meraih label SNI, maka perusahaan tinggal memperbarui kemasannya dan memasukkan logo SNI dikemasan itu. Tapi bila BSN menyatakan perusahaan belum lolos audit, maka pengusaha jangan bersedih hati. BSN umumnya tidak akan menolak permohonan SNI dengan seketika. Lembaga itu akan memberi peluang untuk pengusaha buat menjalani perbaikan hingga perusahaan dan produknya sesuai standard BSN. Bila telah sesuai, maka pengusaha tinggal melaporkannya lagi dan menunggu sertifikat SNI turun.

Referensi Jasa SNI Terbaik di Indonesia

Sesudah membaca info mendalam di atas, bagaimana pendapat anda? Apa anda masih berminat untuk mengurus SNI sendirian? Jangan jadikan sulitnya mengurus SNI sebagai penghalang produk anda terstandarisasi. Sebab seperti yang telah anda baca, produk tanpa label SNI berpotensi merugikan anda di masa depan. Bila tidak mau menjalani semua hal yang susah seperti di atas, anda bisa meminta jasa SNI seperti TuanTender.id.

TuanTender.id mempunyai banyak sekali kelebihan sebagai jasa SNI. Salah satu salah satunya ialah TuanTender.id ialah salah satu dari sangat sedikit jasa pengurusan SNI di Indonesia. Mau tahu lebih lengkap kelebihan TuanTender.id? Baca dalam daftar singkat berikut ini.

Jasa Pengurusan SNI Terpercaya di Indonesia

TuanTender.id ialah jasa SNI paling terpercaya di Indonesia pada saat ini. Kami tidak akan minta bayaran sampai sertifikat SNI anda terurus dengan baik. Target utama kami ialah menyelesaikan legalitas SNI untuk anda dengan cepat dan tepat. Maka sekali anda mempercayai kami, anda tidak akan kecewa dengan bagaimana kami bekerja.

Legalitas dan Kemampuan Bekerjanya Sudah Terbukti

Sejauh ini, kami bukan hanya memiliki pengalaman dalam mengurus SNI, tetapi juga ISO, surat izin usaha, PMA, dan lain sebagainya. Kami di dukung oleh tenaga-tenaga profesional yang telah ahli dibidang hukum. Info yang kami siapkan juga selalu jelas dan transparan maka anda tak perlu takut kami bohongi.

Bisa Memberikan Solusi Atas Masalah Yang Muncul Saat Pengurusan SNI

Ada banyak sekali masalah tidak terduga yang mungkin muncul dikala mengurus SNI. Bila anda memerlukan rekan diskusi, anda dapat konsultasi dengan kami berkenaan masalah-masalah ini. Cukup hubungi kami saja melalui http://tuantender.id/ maka anda telah bisa kami layani. Apa pun masalah anda, kami tentu bisa memberikan solusinya.

Mengedepankan Layanan yang Profesional dengan Harga Terjangkau

Saat memilih kami sebagai jasa SNI, anda akan memperoleh layanan profesional yang tidak mungkin anda dapat di tempat lain. Bukan hanya profesional, layanan kami begitu terjangkau dari segi harga ketimbang yang lainnya. Di jamin, anda tidak akan rugi apabila memilih TuanTender.id sebagai partner anda dalam mengurus SNI.

Jasa Pengurusan SNI (Standar Nasional Indonesia) di Lindu Sigi

Bisa Di Hubungi Secara Online

Lebih daripada jasa pengurusan SNI lainnya, kami TuanTender.id selalu bisa di hubungi dengan cara online. anda cuma cukup mengeklik situs kami di http://tuantender.id/ dan semua info yang anda perlukan berada di sana. Apabila mau konsultasi secara langsung dengan tenaga ahli kami, anda bisa menghubungi via WA di 0812-8333-136.

Demikian itulah info lengkap dan mendalam berkenaan SNI yang tidak akan anda peroleh di tempat lain. Bila mau mengurus SNI dengan cepat dan gampang, pastikan anda mempercayakan produk pada jasa SNI yang terpercaya seperti TuanTender.id. Jangan menunggu-nunggu hingga produk anda di razia dan perusahaan anda di tutup buat mengurus SNI. Segeralah hubungi kami di 0812-8333-136 saat ini juga!

Jasa Pengurusan SNI (Standar Nasional Indonesia) di Lindu Sigi